Rabu, 23 Desember 2015

The 18th Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT 2016)

The 18th Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT 2016)

Produk kerajinan Indonesia saat ini memberi kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dan menjadi salah satu penyumbang devisa ekspor non migas. Hal tersebut membuktikan bahwa produk kerajinan memiliki daya tarik yang besar terhadap masyarakat serta menarik perhatian konsumen dalam maupun luar negeri.

Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015 membawa suatu peluang sekaligus tantangan bagi ekonomi Indonesia. Dengan diberlakukannya MEA pada akhir 2015, negara anggota ASEAN akan mengalami aliran bebas barang, jasa, investasi, dan tenaga kerja terdidik dari dan ke masingmasing negara yang akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan pembangunan ekonomi tiap negara. Untuk menghadapi era pasar bebas se-Asia Tenggara itu, dunia usaha Tanah Air tentu harus mengambil langkahlangkah strategis agar dapat menghadapi persaingan dengan negara ASEAN lainnya, tak terkecuali sektor kerajinan (handicraft). Para perajin, produsen, pengusaha kerajinan, dan KUKM Indonesia diharapkan mampu mengantisipasi Era Masyarakat Ekonomi ASEAN dalam memasarkan produk produk kerajinan unggulan Indonesia dengan melakukan beberapa peningkatan dalam hal kualitas pelaku usaha, efisiensi produksi dan manajemen usaha, penciptaan iklim usaha yang kondusif, serta peningkatan daya serap pasar produk lokal.

Dalam rangka mendukung upaya-upaya strategis pelaku handicraft dalam menyongsong Era pasar bebas ASEAN itu, INACRAFT ke-18 hadir dengan mengusung kekayaan warisan budaya salah satu daerah Indonesia di Bagian Barat, yakni Sumatera Barat dengan mengangkat tema: The Splendour of Minangkabau. Kontribusi wilayah Sumatera terhadap nilai tambah sektor industri nonmigas nasional relatif cukup besar, yaitu mencapai 23,90 persen. Hal ini juga bertujuan untuk mengembangkan produk industri handicraft dalam rangka peningkatan kualitas ekspor produk kerajinan Indonesia.  

Tanggal : 20-24 April 2016
Lokasi : Jakarta Convention Center  
Facebook : www.facebook.com/INACRAFT-177402677538  
Twitter : www.twitter.com/theinacraft  
Website : inacraft.co.id  
Organizer : Association of Exporters and Producers of Indonesian Handicraft (ASEPHI)  
Co-Organizer : PT Mediatama Binakreasi

Info Paling Dicari